Jumat, 15 Maret 2013

Cara Menjalin Hubungan Pesaghabatan yang Baik

Caranya


Terus membahas tentang pacaran tentu saja akan menjadi bosan, bukan? Nah, untuk itu kali ini aku akan membahas tentang persahabatan. Yap, betul sekali, persahabatan yang seperti kepompong itu lho. Dimana dua orang atau lebih memiliki hubungan pertemanan yang sangat erat bahkan hampir mendekati hubungan saudara. Persahabatan melindas semua perbedaan dan menjadikannya kekuatan. Oleh karena itu persahabatan dapat mengatasi apapun jika dilakukan bersama-sama. Namun, seperti apakah hal yang seharusnya dilakukan supaya persahabatan tetap awet dan selalu kompak? Mari kita simak tips-tips berikut ini.
persahabatan bagai kepompong
1) Selalu terbuka kepada sahabat.
Sebagai sahabat, kamu harus terbuka menyampaikan segala hal kepada sahabat kamu. Jangan menutupi apapun yang berpotensi merugikan kalian berdua. Selama itu bukan aib orang selain kalian berdua, sah saja jika kalian berbicara terbuka. Hal ini membuat kalian dapat segera mengambil tindakan atas apa yang terjadi. Jangan sampai sahabat kamu mendengar dari orang lain tentang hal yang terjadi diantara kalian. Ini akan sangat menyakitkan dan dapat mengancam hubungan persahabatakan kalian. Untuk itu jujurlah sebelum kebohongan itu berbalik arah dan menghancurkan apa yang telah kalian bangun selama ini. Selain itu dengan keterbukaan dan kejujuran, maka kepercayaan diantara kalian akan semakin terpupuk dan terpelihara dengan baik. Hal ini terutama berlaku ketika menyukai lawan jenis. Segera umumkan kepada sahabat kamu kalau kamu menyukai seseorang. Dengan sikap seperti ini akan menjadi jelas apakah nantinya kalian menyukai orang yang sama atau tidak dan bagaimana penanganan selanjutnya.
2) Jangan menyelinap atau berkhianat.
Urusan yang melibatkan kalian sebagai sahabat haruslah saling diketahui. Jangan kamu berjalan sendiri untuk menjalankan urusan yang seharusnya menjadi tanggung jawab bersama dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi. Pada kasus persaingan memperebutkan lawan jenis, hal ini sering terjadi. Biasanya ini dimulai dari ketiadaan keterbukaan diantara para sahabat, sehingga satu sama lain tidak saling mengetahui. Namun juga ada orang yang suka mengambil kesempatan dalam kesempitan, menyalip dari kiri untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Orang seperti ini tidak layak dijadikan sahabat karena hanya akan menjadi duri dalam daging kelompok persahabatan kalian. Sekali pengkhianat, selamanya akan menjadi pengkhianat. Jika ada kesempatan, orang seperti ini pasti akan mengkhianati orang-orang terdekatnya lagi. Jadi jauhi orang seperti ini dan jangan menjadi orang yang seperti ini juga. Lagipula, khianat merupakan salah satu tanda orang munafik dan dipastikan masuk neraka. Apa kamu mau masuk neraka?
3) Selalu ada jika dibutuhkan.
Hubungan yang baik adalah hubungan yang didasari dengan sifat memberi dan menerima. Hubungan yang berjalan dua arah dapat memberikan warna dalam persahabatan. Jika sesama sahabat saling memberi, pasti semua juga akan menerima manfaat. Sebagai seorang sahabat, jangan sampai kamu ada ketika butuh saja. Namun ketika kamu dibutuhkan, kamu menghilang entah kemana dan tak jelas kabarnya seperti bang Toyib. Jangan sampai nanti sahabat kamu mencari sambil menyanyi lagunya Ayu Ting Ting berjudul sahabat palsu. Hehe. Apapun keadaan yang dihadapi oleh sahabat, kamu harus memberikan dukungan secara materi jika bisa, namun yang terpenting adalah dukungan secara moral. Setidaknya kamu menemaninya hingga ia melewati masa sulit yang dialami.
Cara Menjalin Persahabatan Supaya Awet dan Tahan Lama
Mengolah persahabatan tentu saja bukan hal yang mudah. Masalah akan selalu ada untuk menggoncang kepercayaan kita terhadap sahabat kita. Namun jika tiga hal diatas dilakukan, maka tidak akan ada yang bisa menghentikan kalian. Saling percaya, melekat erat namun masing-masing mandiri adalah kekuatan dalam persahabatan. Apalagi apabila dalam persahabatan itu terdiri dari orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda. Hal ini dapat digunakan sebagai kekuatan dalam saling melengkapi. Akan selalu ada hal yang dibicarakan jika masing-masing memiliki keunggulan dalam bidang yang tidak sama. Hal ini juga mengeliminasi adanya persaingan antara satu dengan yang lainnya. Sahabat yang baik juga akan menggunakan apa yang ia miliki untuk kepentingan bersama. Ia akan merasa bangga jika sahabat-sahabatnya bisa sukses menjalani apapun. Dengan perasaan seperti itu, tidak akan diragukan lagi persahabatan itu akan terjalin hingga kalian tua, bahkan bisa menjadi contoh untuk anak-cucu kalian nanti




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar